Selasa, 12 November 2013

Mukjizat

                                                    
Assalamu'alaikum

Allah mengutus nabi dan rasul ke bumi sebagai utusan yang menyerukan seluruh umat manusia untuk beriman dan mengEsakanNya. Sebagai utusan Allah nabi dan rasul dianugerahi mukjizat agar mereka dapat memantapkan kebenaran dan kebesaran Allah SWT.

Mukjizat adalah kejadian luar biasa yang diberikan Allah SWT. kepada nabi dan rasulnya yang tidak bisa diterima akal manusia. Mukjizat dibewrikan kepada nabi dan rasul yang diutus Allah untuk membuktikan kebenaranNya.

Fungsi mukjizat bagi para Nabi
Dengan adanya mukjizat ini mereka dapat menyampaikan petunjuk pada umatnya. Sebagai orang mukmin wajib mengakui kebenaran itu. Mukjizat ini juga sebagai bukti bahwa nabi adalah benar benar rasul Allah.

Fungsi mukjizat bagi Manusia
Bagi orang yang bersih fitrahnya ia akan menerima kebenaran. Sebaliknya bagi orang yang rusak fitrahnya ia akan menjauh dari kebenaran. Degan adanya mukjizat, kita akan semakin percaya dan yakin bahwa yang disampaikan nabi dan rasul adalah kebenaran.

Jenis jenis mukjizat:
  1. Mukjizat Kuniyah, yaitu mukjizat yang berbentuk peristiwa alam. Misalnya mukjizat Nabi Musa yang bisa membelah laut Merah.
  2. Mukjizat Salbiyah, yaitu mukjizat yang membuat sesuatu tidak berdaya. Misalnya api yang membakar tubuh Nabi Ibrahim ketika dibakar oleh Fir'aun.
  3. Mukjizat Syahsiyah, yaitu mukjizat yang terpancar dari jiwa nabi. Misalnya Nabi Musa yang memancarkan sinar putih dari tubuhnya.
  4. Mukjizat Aqliyah, yaitu mukjizat yang masuk akal. Misalnya Al-Qur'an yang diturunkan Allah SWT. kepada Nabi Muhammad
Syukron...
Wassalamu'alaikum

0 komentar:

Posting Komentar